KUMPULAN SOAL-SOAL
UJIAN PELAUT
KUMPULAN SOAL-SOAL UJIAN
PELAUT
1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan :
a. Berat
kapal kosong (Light displacement)
b. Bobot
mati (Dead weight tonnage)
c. Berat
benaman ( Displacement)
d. Isi
benaman (Volume of displacement)
2. a. Apakah gunanya percobaan keseimbangan ?
b. Bagaimanakan
syarat-syarat yang harus diikuti dalam melaksanakan percobaan keseimbangan
tersebut
3. a. Sebuah kapal
berlayar dari laut ke sungai, bila berat benamannya tidak mengalami perubahan,
bagaimana dengan syarat kapal tersebut ? Jelaskan jawaban saudara !
b. Dimanakah bisa
anda daptkan nilai FWA (Fresh Water Allowance) ?
4. Sebutkan
jenis-jenis gading kapal yang dipasang di :
a. Kamarmesin kapal
b. Poros baling-baling
5. Terangkan
dengan gambar, apa yang dimaksud dengan 3 gerakan Linear Stabilitas Kapal
a. Swaying
b. Surging
c. Heaving
6. Terangkan
bedanya disertai gambar
a. Pengertian “Heel” dan “List”
b. Garis muat “Light Load Line” dan
Deep Load Line”
7. a. Apakah tugas
dari Biro Klasifikasi ?
b. Apakah manfaat suatu kapal
dikelaskan pada Biro Klasifikasi yang terkenal ?
c. Bagaimana persyaratan sekat kedap
air yang paling depan (Sekat Pelanggaran) ?
8. Skat
Kedap Air (SKA)
a. Pertimbangan apa saja untuk
menentukan jumlah sekat
b. Sebutkan syarat-syarat pada sekat
pelanggaran
c.. Gambarkan sekat kedap air biasa,
lengkap dengan keterangannya
9. a. Gambarkan
penampang melintang sebuah terowongan poros baling-baling dan sebutkanlah nama
bagian-bagiannya !
b. Mengapa center line terowongan
poros baling-baling tidak jatuh sama dengan center line kapal ?
10. a. Apa yang dimaksud dengan SHELL PLATING
& DECK PLATING
b. Jelaskan disertai gambar sketsa
pemberian code/nomer pada keduanya
11. Terangkan
dengan disertai gambar, perbedaan antara :
a. LENGTH OVER ALL dengan LENGTH
BETWEEN PERPINDICULAR
b. DEEPEST DRAFT dengan AIR DRAFT
12. Kapal
dengan Displacement 7000 ton KG = 5 meter TPC = 15 ton/cm.
Tiba dengan sarat
rata-rata 4,5 meter. Akan melaksanakan kegiatan-kegiatan sbb :
Membongkar muatan 510
ton dengan KG = 6 meter
Memindahkan muatan 20
ton keatas sejauh 3 meter.
Memuat muatan dengan KG
= 5,7 meter.
Ditanyakan :
a) Berapa ton muatan yang dimuat, bila Sarat akhir
= 4,8 meter ?
b) Bila KM = 6,2 meter, berapakah GM yang baru ?
(Bobot nilai 30 )
13. Sebuah tongkang berbentuk kotak dengan data-data sebagai berikut :
Panjang =16 meter
Lebar = 6 meter
Dalam = 5 meter, Sedang sandar pada sebuah kapal di air tawar dengan sarat rata-rata = 3.50
meter, tongkang tersebut akan diangkut dari air kemudian dimuat ke atas kapal
dengan boom berat kapal itu sendiri.
Hitung : Berapa berat yang didapat pada
saat sarat tongkang berkurang menjadi 2 meter !
14. Sebuah kapal mengapung tegak dengan berat
benaman = 10.500 ton.
Diketahui kapal itu
memiliki KG = 7,8 meter dan KM = 8,5.
Selanjutnya kapal memuat
300 ton muatan di geladak antara yang
titik beratnya 5 meter disebelah kiri dari tengah-tengah kapal dengan
ketinggian 10 meter dari atas lunas. Hitunglah : KG baru kapal
tersebut
& Berapa derajat
kemiringannya ?
15. Sebuah Kapal memiliki Displacement 4.000 ton GM
= 0,5 meter dalam keadaan miring kanan 10°. Untuk menegakkan kapal akan
dipindahkan muatan yang letaknya 8 meter dikanan bidang simetri ke kiri sejauh
12 meter dikiri bidang simetri.
Ditanyakan :
Hitung muatan yang harus
dipindahkan (Bobot Nilai 25)
16. Sebuah kapal pesiar/yacht, memiliki panjang pada
garis air = 12 m, lebar = 6 m, kedalaman 1 m dan block koefisien 0,65, terapung
di air laut.
Kapal tersebut akan
diangkat dengan Boom Berat SWL = 70 ton oleh sebuah kapal cargo dan dimuat
diatas Hatch Cover.
a. Hitung berapa berat
kapal pesiar itu !
b. Mampukah Boom Berat
mengangkatnya ?
17. Sebuah kapal penumpang dalam keadaan tegak tiba
disuatu pelabuhan, tiba-tiba menjadi miring ketika 1500 penumpang berkumpul
disisi darat untuk melambaikan tangan kepada para penjemputnya.
Jika Displacement = 4500
ton, letak penumpang kira-kira 10 m di luar centre line,
GM = 1 meter, berat
penumpang dan barang rata-rata 100 kg/orang.
Hitung : Berapa derajat
senget kapal yang terjadi ?
18. Sebuah kapal memiliki displacement 5.000 ton GM
= 1 meter dalam keadaan miring kanan 10°. Untuk menegakkan kapal akan
dipindahkan MFO yang letaknya 8 m dikanan bidang simetri kekiri sejauh 12 m
dikiri bidang simetri.
Hitung berapa ton MFO
yang harus dipindahkan ?
19. Sebuah kapal dengan Displacement 8.000 ton, KM
= 7,8 meter dan KG = 6,9 meter.
Lebar kapal = 20 meter. Akibat ombak dan gelombang kapal
kehilangan sebagian muatan dari lambung kirinya dengan VCG = 12 meter dan jarak 6 meter dari railling kapal.
Berapa ton muatan yang
jatuh ke laut, bila sudut kemiringan kapal saat ini 3°.
20. Sebuah kapal berat benaman = 10.500 ton GM =
1,5 meter akan mengangkat Locomotif berat = 60 ton dari dermaga, dengan
menggunakan boom berat kapal.
Tinggi block atas boom = 16 meter di atas titik G kapal dan
jarak ayun boom barat (Out Reach) = 12 meter dari bidang simetri kapal.
Hitung :
Senget yang akan terjadi ketika Locomotif terangkat dari
dermaga !
21. Sebuah kapal panjangnya = 64 m, lebar = 10 m,
mempunyai sarat kosong (Light Draft) = 0,5 m dan sarat muatan penuh = 4 m.
Jika Coeffisient block (Cb) adalah 0,6 pada Light Draft dan 0,75 pada Load Draft
Hitung : Deadweight kapal tersebut !
22. Sebuah kapal berat benaman = 3.800 ton, GM =
0,6 m dalam keadaan miring kanan 7°. Untuk menegakkan kapal akan dipindahkan
muatan yang letaknya 6 m di kanan bidang simetris ke kiri sejauh 8 m di kiri
bidang simetris.
Hitung :
Berapa berat muatan yang harus dipindahkan (tg 7° = 0,123) ?
23. Sebuah kapal muat di daerah summer dengan dock
water density 1.005 kg/m3.
FWA = 6,25 mm, TPC = 15 ton. Bagian bawah summer load line
sebelah kiri berada pada garis air dan sebelah kanan adalah 5 cm di atas garis air.
Hitung :
Berapa cargo yang bisa dimuat jika kapal
berada pada draft muat yang diijinkan di laut?
24. Sebuah kapal dengan Displacement 22.500 tonnes;
KG 6,8 m ; KM 7,4 m. Ada suatu Kolli H/L beratnya 150 tonnes terletak pada VCG
2,5 m di Centre Line, sedang di hibob oleh batang pemuat kapal itu sendiri
dimana Head Blocknya berada 17.5 m diatas Lunas dan di swung keluar sejauh 3 m
kekiri Centre Line.
Hitunglah kemiringan kapal tersebut ?
25. Sebuah kapal terapung dengan sarat rata-rata
6,7 meter memiliki berat benaman = 7000 ton dan KG = 5,2 meter. Akan melakukan
pembongkaran di palka 2, 500 ton dengan titik berat 4,0 meter dan di palka 4,
800 ton dengan titik berat 7,0 meter diatas lunas.
Bila diketahui KM = 6,0 meter dan TPC = 13 ton/cm.
Hitunglah :
GM akhir setelah pembongkaran & Sarat rata-rata kapal setelah pembongkaran?
26. Sebuah kapal memiliki data-data sebagai berikut
: berat benaman 6.000 ton mengapung dengan sarat depan 4,0 meter dan belakang
4,2 meter. Panjang = 120 meter TPC = 10 MCTC = 200 ton meter dan COF terletak 5
meter dibelakang midship.
Kapal akan mengisi BBM sebanyak 600 ton pada tangki dasar
berganda yang titik beratnya 20 meter
dibelakang midship.
Hitunglah :
Sarat baru setelah mengisi BBM.
27. Sebuah kapal tanker panjangnya = 160 m,
Displacement = 12.000 ton, MCTC = 200 ton, TPC = 10 meninggalkan pelabuhan
dengan draft F = 6,4 meter, A = 6,8 meter.
Dikapal sudah ada 700 ton minyak dalam Deep Tank Depan (titik
beratnya 60 meter didepan COF) dan 600 ton pada Deep Tank Belakang (titik
beratnya 70 meter dibelakang COF). Letak COF adalah 2 meter dibelakang midship.
Selama pelayaran digunakan minyak dari tangki belakang sebanyak 400 ton.
Hitung berapa minyak yang harus dipindahkan dari tangki depan
ke tangki belakang agar kapal tiba dalam keadaan even keel.
28. Sebuah kapal berada di pelabuhan dengan sarat
depan 60 dm dan sarat belakang 66 dm, akan melakukan kegiatan sebagai berikut :
Memuat 600 ton di palka 4 yang titik beratnya 40 meter dibelakang midship.
Mengisi air tawar di FPT 100 ton yang titik beratnya 50 meter didepan midship.
Dari Hydrostatic Curves didapat data sbb :
Letak COF berimpit dengan midship, MCTC = 800 tm, TPC = 20
ton/cm.
Hitung :
Sarat depan dan
belakang setelah kegiatan tsb diatas (Pemakaian operating load selama di
pelabuhan diabaikan)
29. Sebuah kapal berada di pelabuhan sungai (BJ =
1,005) daerah tropik, dengan sarat rata-rata = 58 dm, akan melakukan kegiatan
sbb : Mengisi FO sebanyak = 180 ton.
Memuat Plywood sebanyak-banyaknya hingga nanti di laut
mencapai sarat maksimum yang diijinkan. Diketahui : S Draft = 72 dm TPC = 18
FWA = 18 mm, pemakaian Operating Load selama di pelabuhan dan di sungai
diabaikan.
Hitung :
Berapa ton Plywood yang dapat dimuat ?
30. Kapal tiba dengan draft Aft = 4.60m, Fwd = 3.60 m, memuat : 120 ton dengan jarak 22m di belakang midship kapal, 40 ton dengan jarak 25m di muka midship kapal, 70 ton dengan jarak 12m di muka midship kapal, Final draft Aft = 5.20 m, Fwd = 4.20m.
Hitung :
Jarak COF membujur kapal terhadap midship.
31. Sebuah kapal dengan data-data sebagai berikut:
Panjang = 90 meter, sarat depan = 4.50 meter, belakang = 6.00 meter, CF = 1.50
meter dibelakang CL. TPC = 10 tons, MTC = 120 ton/m, memuat 450 ton muatan, 14
meter dimuka CL.
Ditanya :
Hitung sarat akhir dari kapal tersebut ?
32. Sebuah kapal dengna data-data sebagai berikut !
Panjang = 100 meter, sarat depan = 3.00 meter, belakang = 4.30 meter, TPC = 10
ton, MTC 1 cm = 120 ton/m, COF = 3 meter dibelakang CL, jika 80 ton muatan
dimuat dipalka dengan jarak 24 meter depan CL dan 40 tons muatan dibongkar dari
palka dengan jarak 12 meter belakang CL.
Hitung sarat baru
33. Sebuah kapal L = 120 m, B = 15 m, terapaung di
atas air laut dengan sarat depan = 6,6 m, belakang = 7 m. Koefisien balok dan
koefisien bidang air masing-masing = 0,75, tinggi metasentris membujur = 120 m.
COF terletak pada Midship.
Hitung :
Berat muatan yang dapat dimuat lagi dan letak muatan itu terhadap COF, dengan catatan kapal dapat mencapai sarat maksimum muka/belakang = 7 m
34. Gunakan Cross Curve Stabilitty MV. Tanker
(gambar dibawah ini) dapatkan nilai GZ dengan interval 150 pada
sudut kemiringan antara 00 s/d 900.
Diketahui :
Displacement 35.000 ton KG = 9 m, dari
data-data tersebut cailah sebagai berikut:
a. Range of Stability
Theoriitical dan Practikal
b.
The
Angle of Vanishing Stability.
c. Maximum GZ
d. Initial GM (GM awal)
e. The Angle of Deck Edge
Immersion
f. Moment of Statical at 300
list
35. Sebuah kapal mempunyai displacement 8000 tons
GM = 0,5 m. Sejumlah muatan curah lebih kurang 80 tons bergeser kesamping kanan sejauh 6,1 m
dan keatas 1,5 m.
Hitunglah : berapa sudut senget setelah muatan tersebut bergeser.
36. Sebuah kapal mempunyai berat benaman 8000 tons
KM = 8,7 m, KG = 7,6 m akan melakukan kegiatan-kegiatan sbb :
- Memuat 250
tons dengan Kg = 6,1 m dan 7,6 m sebelah kanan C/L.
- Mengisi 300 tons MFO dengan Kg = 0,6 m dan
6,1 m sebelah kiri C/L.
-
Membongkar 50 tons ballast dengan Kg = 1,2 m dan 4,6 m disebelah kiri C/L.
Hitunglah :
berapa sudut senget kapal dan miring ke arah mana?
37. Sebuah kapal mempunyai displacement = 9900 ton, KM =
7,3 m, KG = 6,4 m akan memuat 2 buah container masing-masing beratnya 50 ton.
Container pertama dimuat pada lambung sisi dermaga diatas geladak dengan Kg = 9
m dan 6 m dari C/L. Bila ujung derrick
15 m diatas lunas dan jarak ayun maximum = 12 m dari C/L.
Hitunglah :
berapa senget maximum pada saat container kedua mulai diangkat dari dermaga.
38. Sebuah kapal dalam keadaan kosong, mengapung di air
laut dengan sarat rata-rata 5 m , panjang kapal 150 m, lebar 20 m, Cb = 0,8, Cw
= 0,75 dan KG kapal kosong = 5,8 m.
Akan
melakukan kegiatan-kegiatan sbb :
Memuat 6000 ton dengan titik berat 4
m diatas lunas.
Membongkar 1200 ton dari titik berat 6 m diatas lunas.
Mengisi bahan bakar 1000 ton dengan titik berat 0,5 m diatas lunas.
Mengisi air tawar 300 ton dengan titik berat 3 m diatas lunas.
Hitunglah : a. TPC rata-rata pada
draft 8 m.
b. GM kapal
setelah melakukan kegiatan bongkar muat.
c. Berapa DWT
kapal setelah bongkar muat.
d. Berapa ton
muatan yang harus dipindahkan sejauh 10 m keatas agar GM = 0,9 m.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar